Sabtu, 20 September 2014

Penulisan Alamat Surat Resmi Sesuai Bahasa Indonesia Baku.

Penulisan Alamat Surat Resmi Sesuai Bahasa Indonesia Baku. Surat merupakan alat komunikasi yang dibuat seseorang baik atas nama pribadi maupun lembaga yang disampaikan utuk seseorang atau lembaga lain.
Dalam menulis surat, baik surat resmi maupun surat pribadi tentu tidak luput dengan adanya alamat surat. Kepada siapa surat yang kita tulis itu ditujukan. Jika surat itu merupakan surat pribadi, tentu penulisan alamat tidak terlalu dipermasalahkan bagaimana bentuk dan ucapannya. Berbeda dengan surat resmi, kaidah penulisannya harus diperhatikan.
Contoh penulisan alamat surat pribadi:
1. Yang tercinta
Ananda ….
di kamar
2. Sahabatku
…………
di …….. (nama tempat)
3. Teruntuk
………
di tempat
4. Buat
……….
di ……… (nama tempat)
5. Dear sahabatku
…………
di tempat
Mungkin masih banyak lagi contoh alamat surat pribadi yang belum saya tuliskan. Namun saya rasa sudah cukup dengan member contoh di atas.
Ketika menerima surat resmi dari sebuah instansi, mungkin kita tidak begitu memperhatikan bagaimana penulisan alamatnya, yang terpenting nama kita sudah ada di alamat tersebut. Berbeda ketika kita yang harus menulis surat resmi baik sebagai pribadi atau mewakili sebuah instansi maka kita harus paham kaidahnya.
Berikut saya beri contoh penulisan alamat surat yang ditujukan kepada saya dari sebuah instansi.
Kepada yang terhormat
Bpk/Ibu Nurus Samawati Annisa
SMPN 8 TANGERANG
JL. GATOT SUBROTO KM 16
ASRAMA YONIF 203/AK
TANGERANG-BANTEN 15000
Melihat alamat tersebut saya sudah tahu bahwa surat itu ditujukan buat saya. Namun berdasarkan keefektifan bahasa resmi seharusnya menulisnya cukup memilih salah satu kata  kepada atau yang terhormat (bisa ditulis dengan kata Yth.). Penulisan jalan jika disingkat seharusnya ditulis Jln namun lebih baik jika tidak disingkat. Tanda hubung yang digunakan setelah kata Tangerang sebenarnya tidak benar dan harus diganti dengan tanda koma.
Berikut hasil suntingan saya.
Yang terhormat,
Bpk/Ibu Nurus Samawati Annisa
SMPN 8 TANGERANG
JLN. GATOT SUBROTO KM 6
ASRAMA YONIF 203/AK
TANGERANG, BANTEN 15000
Saya rasa memang tidak ada yang sempurna, namun harus selalu ada penyempurnaan.


0 komentar: