Jumat, 17 Oktober 2014

Penggunaan Sinonim dan Antonim dalam Bahasa Indonesia Baku

Penggunaan Sinonim dan Antonim dalam Bahasa Indonesia Baku. Mengetahui sinonim suatu kata akan memperkaya kosakata kita dalam menulis. Sinonim adalah persamaan makna antara dua kata atau lebih. Dikatakan sebagai sinonim jika kata tersebut bisa saling menggantikan dalam kalimat. Menulis suatu maksud dengan menggunakan sinonim kata tertentu akan memberi kesan yang berbeda dalam tulisan. Apalagi menuangkannya dalam bentuk puisi, cerpen, novel atau artikel.
Contoh:
Agung: besar, mulia, akbar,
Melihat: melirik, memandang, menyaksikan, menonton.
Fungsi saling menggantikan dari sinonim juga perlu diperhatikan berdasarkan konteks kalimatnya. Contoh: Pengorbananmu sungguh besar. Pengorbananmu sungguh mulia.
Berbeda dengan sinonim, untuk menyatakan sebuah penyangkalan dalam sebuah tulisan kita perlu mengetahui antonim suatu kata. Setelah tahu kira-kira lebih bagus/tepat menggunakan penyangkalan atau menggunakan antonimnya dalam tulisan yang dibuat. Antonim adalah pertalian dua kata atau lebih yang maknanya saling berlawanan/bertentangan.
Ada empat jenis antonim, yaitu:
1. Antonim gradual. Pertentangan yang terjadi antara dua kata dengan melibatkan beberapa tingkatan antara. Cirinya penyangkalan terhadap yang satu tidak mencakup penegasan terhadap yang lain. Contoh rumah mewah >< rumah sederhana.
2. Antonim hirarkis. Pertentangan yang terjadi antara kata-kata yang maknanya berada dalam posisi bertingkat.. Contoh: centimeter >< meter >< desimeter.
3. Antonim kembar. Antonim ini melibatkan pertentangan dua kata. Cirinya penyangkalan bagi salah satu kata berarti penegasan terhadap yang lainnya. Contoh hidup >< mati. Penyangkalan dari hidup adalah tidak hidup berarti mati.
4. Antonym relasional. Pertentangan yang terjadi antara dua buah kata yang kehadirannya saling berhubungan. Kehadiran satu kata menyebabkan kehadiran kata yang lain. Contoh: guru >< murid, adik >< kakak.
Memahami sinonim dan antonim merupakan salah satu cara penulis memperkaya kosakata pilihan dalam tulisannya.


0 komentar: