Senin, 06 Maret 2017

KIsi-Kisi UN: Menentukan Informasi Tersurat

Informasi tersurat adalah informasi yang terdapat atau tertulis dalam teks. Informasi ini dapat berupa informasi tersurat dan informasi tersirat. Informasi tersurat merupakan informasi yang secara langsung dinyatakan dalam teks tersebut. Untuk mengetahuinya , kita harus membaca teks dengan seksama dan mencermati isi teks tersebut.
Sedangkan informasi tersirat merupakan informasi yang secara tidak langsung dinyatakan dalam teks tersebut. Kita harus memahami isi teks tersebut lebih dahulu baru mengetahui informasi tersiratnya.
Contoh soal:
1. Bacalah teks berikut!
    Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepak bola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepak bola Indonesia.
Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah ....
A. menekuni profesi sebagai pesepak bola
B. menjadi striker utama di timnas
C. mengorbankan keluarga untuk meniti karier
D. menekuni profesi dengan giat berlatih.
Jawaban: B
2. Bacalah teks berikut!
    Jenderal Besar Soedirman lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Beliau merupkn salah seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang Guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan. Ia berpangkat jenderal pada usia 31 tahun.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. seorang guru HIS Muhammadiyah
B. menjadi jenderal saat usianya 31 tahun
C. pejuang dan pahlawan Muhammadiyah
D. pemimpin perang gerilya melawan musuh.

0 komentar: